Indeks Kinerja HAM 2022
Dari kiri ke kanan: Abdul Waidl (Senior Program Officer HAM & Demokrasi INFID), Alyaa Nabiilah Zuhroh (Peneliti INFID), Sayyidatul Insiyah (Peneliti SETARA Institute), Ismail Hasani (Direktur Eksekutif SETARA Institute) memaparkan hasil penelitian Indeks Kinerja HAM 2022 di Jakarta pada Sabtu, (10/12/2022). Foto: SETARA Institute.

Indeks Kinerja HAM 2022

Latar Belakang

Adopsi berbagai instrumen HAM internasional (seperti DUHAM, ICCPR, ICESCR, dan berbagai konvensi HAM internasional lainnya) melahirkan kewajiban yuridis bagi pemerintah Indonesia untuk mengupayakan perlindungan, penghormatan dan pemenuhan HAM bagi setiap warga negaranya. Dalam lingkup nasional, kewajiban pemajuan HAM telah terejawantahkan secara eksplisit tidak hanya dalam konstitusi, namun juga dalam berbagai peraturan perundang-undangan. Tidak hanya dalam tataran regulasi, komitmen perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan HAM terhadap warga negara juga harus dimanifestasikan melalui tindakan konkrit pemerintah.

Sebagai refleksi bagaimana manifestasi berbagai komitmen tersebut, SETARA Institute dan INFID, sebagai lembaga yang memberikan perhatian dan memiliki fokus kerja di bidang Hak Asasi Manusia (HAM) perlu melaporkan kondisi HAM di Indonesia, salah satunya melalui produk Indeks Kinerja HAM tahun 2022. Indeks ini disusun dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang situasi HAM mutakhir di Indonesia, terutama terhadap variabel-variabel hak yang menjadi perhatian utama SETARA Institute dan INFID, melakukan evaluasi dan advokasi kinerja penegakan HAM, dan menghimpun dukungan bagi pemajuan HAM di Indonesia. Selain itu,  peluncuran Indeks Kinerja HAM ini juga merupakan kontribusi dalam momentum peringatan Hari HAM Internasional yang jatuh pada tanggal 10 Desember tiap tahunnya.

Selengkapnya sila baca Ringkasan Eksekutif  Indeks Kinerja HAM 2022

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*