Setara Institute Temui MPR RI

Setara Institute Temui MPR RI

Hendardi, Ketua Setara Institute, bersama beberapa pengurus di antaranya Ismail Hasani, Bonar Tigor Naipospos, dan Romo Benny Susetyo melakukan audiensi dengan Ketua MPR RI, Drs. Sidarto Danusubroto, S.H. didampingi Wakil Ketua Lukman Hakim Syaifuddin di Ruangan Rapim, Nusantara III, Komplek MPR/DPR, Selasa (17/9).

Pertemuan tersebut selain membicarakan capain-capaian mengenai perlindungan HAM serta kendala yang masih terus dihadapi secara khusus meminta dukungan MPR untuk pendirian Rumah Pancasila.

Rumah Pancasila dimaksudkan sebagai forum bagi anak bangsa untuk saling berinteraksi menumbuhkan Pancasila secara konkret sehingga ia terinternalisasikan menjadi kultur sehari-hari. Diakui sosialisasi empat pilar sudah cukup berhasil, karena itu ke depan dirasa perlu didirikan Rumah Pancasila, yang rencananya pertama kali dirintis percontohannya di Jakarta.

“Saya sangat mendukung gagasan Rumah Pancasila,” tegas Sidarto yang berjanji ikut memberi masukan kepada Gubernur DKI, Joko Widodo agar keberadaannya segera terealisasi.

Menanggapi banyaknya kasus yang merebak karena sikap intoleransi kelompok-kelompok dalam masyarakat, Sidarto menyatakan prihatin. “Demokrasi itu melindungi minoritas, negara harus tegas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Setara Institute menyampaikan undangan kepada Ketua MPR untuk menjadi pembicara kunci dalam seminar internasional tentang konstitusi yang akan diselenggarakan bulan November mendatang.

(am)

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*