Kebebasan Beragama

Optimalisasi Peran FKUB dalam Tata Kelola Kerukunan

Sekapur Sirih

Alhamdulillah. Puji Tuhan. Syukur kita panjatkan kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa, atas karunia-Nya sehingga penuntasan dan penerbitan buku seri panduan ini dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Hanya atas kasih sayang-Nya, semua kendala dan tantangan dalam penulisan dan penerbitan produk pengetahuan ini dapat diatasi dengan lancar.

Seri Panduan berjudul ‘Optimalisasi Peran FKUB dalam Tata Kelola Kerukunan’ ini merupakan salah satu dari sekian banyak aktivitas riset, produksi pengetahuan, dan advokasi kebijakan yang dilakukan oleh SETARA Institute untuk mewujudkan masyarakat setara dalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia, khususnya pada area Kebebasan Beragama/Berkeyakinan. Menurut hemat saya pribadi, panduan untuk FKUB ini merupakan salah satu rekognisi bahwa FKUB merupakan salah satu aktor strategis yang memainkan peran kunci  dalam tata kelola kerukunan umat beragama/berkeyakinan di Indonesia.

Sekilas, paling tidak terdapat empat isu utama yang mendapatkan penekanan khusus dalam buku seri panduan ini. Antara lain, pertama, yang berkenaan dengan optimalisasi peran FKUB dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama. Kedua, pengarusutamaan nilai-nilai non diskriminatif dan penyelesaian sengketa bernuansa agama/keyakinan. Ketiga, soal penanganan persoalan pendirian rumah ibadah yang merupakan salah satu isu utama dalam kehidupan keagamaan kita, dan keempat, soal tata kelola keorganisasian FKUB. 

Seri Panduan untuk FKUB ini sengaja disusun untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut, terutama dari dalam kelembagaan FKUB sendiri melalui penguatan kapasitas kelembagaan dan optimalisasi tata kelola kerukunan dalam kehidupan beragama di tengah-tengah masyarakat. Sebagai salah satu aktor strategis, FKUB diyakini oleh SETARA Institute akan menjadi bagian penting dari penyelesaian aneka persoalan keagamaan dalam tata hidup sosial kita yang mengalami penguatan identitas dan resistansi terhadap identitas yang lain .

Buku ini merupakan salah satu ekspresi keinginan bersama kita untuk melihat kehidupan antar agama di Indonesia yang lebih toleran, rukun, dan damai. Semoga buku sederhana seri panduan ini dapat memberikan kontribusi bagi pemajuan toleransi dan kebebasan beragama/berkeyakinan di Indonesia melalui optimalisasi peran FKUB.

Terima kasih untuk seluruh pihak atas dukungan dan kontribusi dalam memungkinkan adanya Seri Panduan ini. Semoga Tuhan memberkati seluruh kerja-kerja kita untuk Indonesia dan kemanusiaan yang terus semakin baik. Atas nama lembaga saya juga minta maaf atas kesalahan dan kekurangan yang ada di dalam buku ini.

Jakarta, Agustus 2019

H E N D A R D I